mengelak menurut kamus

Halo selamat datang di hulala.co.id. Kali ini kita akan membahas tentang “mengelak menurut kamus”. Selamat membaca!

Pendahuluan

Dalam percakapan sehari-hari, kata “mengelak” sering digunakan untuk menggambarkan tindakan menghindari atau menolak sesuatu. Namun, tahukah Anda arti sebenarnya dari kata “mengelak” menurut kamus? Artikel ini akan mengeksplorasi makna “mengelak” berdasarkan beberapa kamus terkemuka, membahas kelebihan dan kekurangannya, serta memberikan contoh penggunaannya dalam konteks yang berbeda.

Secara umum, kata “mengelak” didefinisikan sebagai tindakan menghindar, menepis, atau menolak sesuatu. Kata ini dapat digunakan dalam berbagai konteks, mulai dari percakapan santai hingga dokumen hukum. Memahami arti dan penggunaan “mengelak” sangat penting untuk komunikasi yang efektif dan akurat.

Berikut adalah beberapa definisi “mengelak” dari kamus terkemuka:

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): menghindari; menepis; menolak.
  • Oxford English Dictionary: menghindari, menjauh, atau menolak (serangan, argumen, atau pertanyaan).
  • Merriam-Webster Dictionary: untuk menghindari atau mencegah.

Kelebihan Mengulik Menurut Kamus

Menggunakan kata “mengelak” dalam percakapan dan penulisan menawarkan beberapa kelebihan, antara lain:

  • Kejelasan: “Mengelak” secara jelas menyampaikan gagasan menghindari atau menolak sesuatu, memastikan tidak ada kesalahpahaman dalam komunikasi.
  • Penggunaan yang Luas: Kata “mengelak” dapat digunakan dalam berbagai konteks, membuatnya menjadi istilah yang serbaguna dan dapat digunakan secara luas.
  • li>Keseriusan: Penggunaan “mengelak” dapat memberikan nada keseriusan atau formalitas pada suatu pernyataan, terutama dalam konteks hukum atau profesional.

Kekurangan Mengulik Menurut Kamus

Meskipun menawarkan beberapa kelebihan, “mengelak” juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan:

  • Konotasi Negatif: Dalam beberapa kasus, “mengelak” dapat memiliki konotasi negatif, menyiratkan bahwa seseorang mencoba berbohong atau menyembunyikan sesuatu.
  • Kurangnya Spesifik: “Mengelak” adalah istilah yang luas dan dapat diartikan dalam berbagai cara, berpotensi menimbulkan kebingungan atau kesalahpahaman.
  • Penggunaan Berlebihan: Penggunaan “mengelak” yang berlebihan dapat membuat percakapan atau tulisan menjadi kaku dan tidak menarik.

Contoh Penggunaan

Untuk memperjelas penggunaan “mengelak”, berikut beberapa contoh penggunaannya dalam konteks berbeda:

  • “Terdakwa terus mengelak dari tuduhan, mengklaim dia tidak bersalah.”
  • “Saya terpaksa mengelak dari pertanyaan Anda karena bersifat pribadi.”
  • “Kami terpaksa mengelak dari tawaran Anda karena kami memiliki komitmen lain.”

Tabel: Informasi Lengkap tentang Mengulik Menurut Kamus

Kamus Definisi Contoh Penggunaan
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menghindar; menepis; menolak Dia mengelak menjawab pertanyaan itu dengan alasan lupa.
Oxford English Dictionary menghindari, menjauh, atau menolak (serangan, argumen, atau pertanyaan) Pemerintah berupaya mengelak dari tuduhan korupsi.
Merriam-Webster Dictionary untuk menghindari atau mencegah Mereka bergegas mengelak dari mobil yang melaju kencang.

FAQ

  1. Apa arti “mengelak”? Mengulik adalah tindakan menghindari atau menolak sesuatu.
  2. Apa sinonim “mengelak”? Sinonim “mengelak” antara lain menghindar, menepis, menolak, dan menghindari.
  3. Dalam konteks apa “mengelak” sering digunakan? “Mengelak” sering digunakan dalam konteks percakapan santai, dokumen hukum, dan penulisan formal.
  4. Apakah “mengelak” memiliki konotasi negatif? Dalam beberapa kasus, “mengelak” dapat memiliki konotasi negatif, menyiratkan bahwa seseorang sedang berbohong atau menyembunyikan sesuatu.
  5. Apakah ada alternatif untuk “mengelak”? Alternatif untuk “mengelak” antara lain menghindar, menepis, menolak, dan menghindari.
  6. Bagaimana cara menggunakan “mengelak” dengan benar? “Mengelak” digunakan untuk menggambarkan tindakan menghindari atau menolak sesuatu, dan harus digunakan dengan hati-hati untuk menghindari konotasi negatif.
  7. Apa contoh penggunaan “mengelak”? Contoh penggunaan “mengelak” antara lain “Terdakwa terus mengelak dari tuduhan, mengklaim dia tidak bersalah” dan “Kami terpaksa mengelak dari tawaran Anda karena kami memiliki komitmen lain.”
  8. Apa lawan kata “mengelak”? Lawan kata “mengelak” adalah menerima.
  9. Bagaimana “mengelak” diterjemahkan ke dalam bahasa lain? Terjemahan bahasa lain untuk “mengelak” antara lain “avoid” dalam bahasa Inggris, “esquiver” dalam bahasa Prancis, dan “evadir” dalam bahasa Spanyol.
  10. Apa bentuk kata benda dari “mengelak”? Bentuk kata benda dari “mengelak” adalah “pengekangan”.
  11. Apa bentuk kata kerja dari “mengelak”? Bentuk kata kerja dari “mengelak” adalah “mengelakkan”.
  12. Apa bentuk kata sifat dari “mengelak”? Bentuk kata sifat dari “mengelak” adalah “evasif”.
  13. Apa bentuk kata keterangan dari “mengelak”? Bentuk kata keterangan dari “mengelak” adalah “evasif”.

Kesimpulan

Mengulik menurut kamus menawarkan cara yang jelas dan ringkas untuk mengomunikasikan tindakan menghindari atau menolak sesuatu. Meskipun memiliki beberapa kelebihan, penting untuk mempertimbangkan potensi konotasi negatif dan kekurangan lainnya sebelum menggunakannya dalam percakapan atau tulisan. Dengan menggunakan “mengelak” secara cermat dan tepat, kita dapat meningkatkan komunikasi yang efektif dan akurat.

Untuk mengoptimalkan penggunaan “mengelak” dalam komunikasi Anda, berikut beberapa tips:

  • Gunakan “mengelak” hanya ketika diperlukan untuk menyampaikan pesan secara jelas dan efektif.
  • Hindari penggunaan “mengelak” yang berlebihan, karena dapat membuat percakapan atau tulisan menjadi kaku dan membingungkan.
  • Berhati-hatilah dengan konotasi negatif yang mungkin timbul dari penggunaan “mengelak”.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan alternatif “mengelak” dalam beberapa kasus, seperti “menghindar” atau “menolak”.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menggunakan “mengelak” secara efektif untuk menyampaikan maksud Anda dengan jelas dan akurat.

Kata Penutup

Terima kasih telah membaca artikel tentang “mengelak menurut kamus”. Kami harap Anda mendapat informasi yang bermanfaat dari artikel ini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami selalu siap membantu Anda memahami dan menggunakan kata-kata dengan benar dan efektif. Terima kasih atas kunjungan Anda!