pengertian kemiskinan menurut para ahli

Halo selamat datang di hulala.co.id!

Kemiskinan merupakan sebuah permasalahan kompleks yang memiliki dampak luas pada individu, masyarakat, dan perekonomian secara global. Di Indonesia, kemiskinan masih menjadi isu krusial yang membutuhkan perhatian serius. Untuk memahami hakikat kemiskinan, penting untuk mengeksplorasi berbagai definisi dan perspektif yang telah dikemukakan oleh para ahli.

Pendahuluan

Kemiskinan adalah kondisi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar, seperti makanan, tempat tinggal, air bersih, dan pendidikan. Faktor-faktor yang memengaruhi kemiskinan sangat beragam, meliputi faktor ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan. Kemiskinan memiliki dampak jangka panjang yang parah pada kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan individu.

Mendefinisikan kemiskinan adalah tugas yang kompleks karena tidak ada konsensus tunggal di antara para ahli. Namun, terdapat beberapa definisi yang banyak digunakan dan telah memandu penelitian serta kebijakan di seluruh dunia.

Salah satu definisi kemiskinan yang paling umum adalah definisi yang digunakan oleh Bank Dunia. Bank Dunia mendefinisikan kemiskinan sebagai kondisi hidup dengan pendapatan kurang dari 1,90 dolar AS per hari. Definisi ini berfokus pada aspek pendapatan dan dianggap sebagai ukuran kemiskinan absolut.

Definisi lainnya adalah definisi yang dikemukakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). PBB mendefinisikan kemiskinan sebagai kondisi kekurangan sumber daya, peluang, pilihan, dan kekuatan yang diperlukan untuk menikmati standar hidup yang layak. Definisi ini lebih komprehensif dan mempertimbangkan berbagai aspek kemiskinan, tidak hanya pendapatan.

Selain Bank Dunia dan PBB, banyak ahli telah memberikan definisi mereka sendiri tentang kemiskinan. Beberapa definisi tersebut menekankan aspek kualitatif, seperti kurangnya akses terhadap layanan dasar atau rendahnya kualitas hidup. Sementara itu, definisi lain berfokus pada aspek kuantitatif, seperti tingkat pendapatan atau konsumsi.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli

Masing-masing definisi kemiskinan yang dikemukakan oleh para ahli memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Definisi Bank Dunia

Kelebihan:

  • Sederhana dan mudah dipahami.
  • Memberikan ukuran kemiskinan absolut yang dapat dibandingkan secara global.
  • Memungkinkan pelacakan perubahan kemiskinan dari waktu ke waktu.

Kekurangan:

  • Terlalu berfokus pada pendapatan dan mengabaikan aspek lain dari kemiskinan.
  • Tidak mempertimbangkan variasi biaya hidup di berbagai wilayah.
  • Dapat meremehkan tingkat kemiskinan di negara-negara dengan biaya hidup tinggi.

Definisi PBB

Kelebihan:

  • Lebih komprehensif dan mempertimbangkan berbagai aspek kemiskinan.
  • Menekankan pentingnya sumber daya, peluang, pilihan, dan kekuatan.
  • Membantu mengidentifikasi akar penyebab kemiskinan dan mengembangkan kebijakan yang lebih efektif.

Kekurangan:

  • Sulit diukur dan dioperasionalkan.
  • Dapat bervariasi tergantung pada interpretasi dan konteks.
  • Mungkin sulit untuk membandingkan tingkat kemiskinan antar negara dengan definisi ini.

Definisi Lainnya

Kelebihan:

  • Memberikan wawasan unik tentang berbagai aspek kemiskinan.
  • Memungkinkan peneliti dan pembuat kebijakan untuk mengeksplorasi aspek-aspek spesifik kemiskinan.
  • Dapat disesuaikan dengan konteks dan kebutuhan negara atau wilayah tertentu.

Kekurangan:

  • Kurangnya konsensus dan keseragaman dalam definisi.
  • Sulit untuk membandingkan data kemiskinan dari penelitian dan sumber yang berbeda.
  • Beberapa definisi mungkin terlalu spesifik atau sempit untuk memberikan gambaran komprehensif tentang kemiskinan.

Tabel Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli

Institusi Definisi Aspek yang Dipertimbangkan
Bank Dunia Kondisi hidup dengan pendapatan kurang dari 1,90 dolar AS per hari Pendapatan
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Kondisi kekurangan sumber daya, peluang, pilihan, dan kekuatan yang diperlukan untuk menikmati standar hidup yang layak Sumber daya, peluang, pilihan, kekuatan
Amartya Sen Ketidakmampuan untuk memenuhi kemampuan dasar manusia, seperti kemampuan untuk hidup, berpikir, bertindak, dan berkomunikasi Kemampuan dasar manusia
John Healey Kurangnya sumber daya ekonomi untuk memperoleh kebutuhan dan standar hidup yang dapat diterima oleh masyarakat Sumber daya ekonomi
Peter Townsend Kondisi ketidakmampuan untuk berpartisipasi secara penuh dalam masyarakat karena kekurangan sumber daya material, budaya, dan sosial Sumber daya material, budaya, sosial
Institute for Development Studies (IDS) Kondisi deprivasi yang mencakup kekurangan pendapatan, kerentanan, dan kurangnya akses terhadap pilihan dan layanan dasar Pendapatan, kerentanan, akses
World Institute for Development Economics Research (WIDER) Kondisi kekurangan sumber daya yang menurunkan kualitas hidup dan kemampuan individu untuk mencapai kesejahteraan Sumber daya, kualitas hidup

FAQ

  1. Bagaimana cara mengukur kemiskinan?
    Ada berbagai cara untuk mengukur kemiskinan, seperti melalui pendapatan, konsumsi, atau serangkaian indikator yang lebih luas.
  2. Apa penyebab kemiskinan?
    Kemiskinan disebabkan oleh berbagai faktor yang saling terkait, seperti kurangnya kesempatan ekonomi, akses layanan yang buruk, diskriminasi, dan konflik.
  3. Apa dampak kemiskinan?
    Kemiskinan memiliki dampak negatif pada kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, dan kemampuan individu untuk berpartisipasi secara penuh dalam masyarakat.
  4. Apa solusi untuk kemiskinan?
    Menghilangkan kemiskinan membutuhkan pendekatan komprehensif yang mencakup pertumbuhan ekonomi, perlindungan sosial, investasi dalam pendidikan dan kesehatan, dan upaya untuk mengurangi kesenjangan.
  5. Apakah kemiskinan hanya tentang kekurangan uang?
    Tidak, kemiskinan mencakup lebih dari sekadar kekurangan uang. Ini juga mencakup deprivasi dalam hal akses terhadap layanan dasar, pendidikan, kesehatan, dan peluang.
  6. Apa perbedaan antara kemiskinan absolut dan kemiskinan relatif?
    Kemiskinan absolut mengacu pada ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar, sedangkan kemiskinan relatif mengacu pada pendapatan yang lebih rendah dibandingkan dengan orang lain dalam masyarakat.
  7. Apa peran pemerintah dalam mengatasi kemiskinan?
    Pemerintah memegang peran penting dalam mengatasi kemiskinan melalui kebijakan-kebijakan seperti jaminan sosial, program bantuan, dan investasi dalam layanan publik.
  8. Apa peran individu dalam mengatasi kemiskinan?
    Individu dapat berperan aktif dalam mengatasi kemiskinan melalui pendidikan, kerja keras, dan keterlibatan dalam masyarakat.
  9. Apa peran organisasi nirlaba dalam mengatasi kemiskinan?
    Organisasi nirlaba memainkan peran penting dalam memberikan bantuan langsung kepada masyarakat miskin, mengadvokasi kebijakan, dan meningkatkan kesadaran tentang isu kemiskinan.
  10. Apa peran masyarakat dalam mengatasi kemiskinan?
    Masyarakat memiliki peran dalam mengatasi kemiskinan dengan memberikan dukungan kepada individu dan keluarga miskin, mendorong inklusi sosial, dan mempromosikan keadilan.
  11. Apa peran teknologi dalam mengatasi kemiskinan?
    Teknologi dapat membantu mengatasi kemiskinan dengan meningkatkan akses ke informasi, layanan keuangan, dan peluang pendidikan.
  12. Apa masa depan pengentasan kemiskinan?
    Masa depan pengentasan kemiskinan bergantung pada komitmen berkelanjutan terhadap pembangunan yang berkelanjutan, keadilan sosial, dan kerja sama global.

Kesimpulan

Kemiskinan adalah sebuah permasalahan multidimensi yang memiliki dampak signifikan pada individu, masyarakat, dan perekonomian. Memahami pengertian kemiskinan menurut berbagai perspektif ahli sangat penting untuk mengembangkan kebijakan dan strategi yang efektif untuk mengatasinya.

Tidak ada definisi tunggal tentang kemiskinan yang dapat diterima secara universal. Namun, definisi yang komprehensif dan mempertimbangkan berbagai aspek kemiskinan sangat penting untuk mengembangkan langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Men