pengertian kinerja menurut para ahli

Halo selamat datang di hulala.co.id.

Dalam dunia bisnis dan organisasi modern, kinerja menjadi aspek krusial yang menentukan keberhasilan dan kemajuan. Memahami pengertian kinerja menurut para ahli sangat penting untuk mengembangkan strategi dan praktik manajemen kinerja yang efektif. Artikel ini menyajikan tinjauan komprehensif tentang konsep kinerja, mengeksplorasi perspektif para akademisi dan praktisi terkemuka.

Pendahuluan

Kinerja adalah istilah multifaset yang mencakup berbagai aspek operasional dan hasil dalam suatu organisasi. Ia secara umum mengacu pada tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Para ahli sepakat bahwa kinerja merupakan ukuran penting efektivitas dan efisiensi suatu entitas dalam memanfaatkan sumber daya dan mencapai tujuan bisnisnya.

Mengukur kinerja adalah proses kompleks yang memerlukan pendekatan holistik. Ini melibatkan penilaian aspek kuantitatif dan kualitatif seperti produktivitas, efisiensi, profitabilitas, kepuasan pelanggan, dan pertumbuhan pasar. Dengan memahami pengertian kinerja, organisasi dapat mengembangkan sistem manajemen kinerja yang disesuaikan untuk mengarahkan dan memotivasi karyawan, serta meningkatkan hasil secara keseluruhan.

Para ahli telah mengusulkan berbagai definisi kinerja berdasarkan perspektif dan disiplin ilmu mereka. Berikut ini adalah beberapa pengertian kinerja yang paling banyak dikutip:

Geoffrey Hamel

“Kinerja adalah kesenjangan antara apa yang diharapkan dan apa yang dikirimkan.”

Gary Dessler

“Kinerja adalah pencapaian tingkat hasil yang telah disepakati sebelumnya.”

Michael Armstrong

“Kinerja adalah sejauh mana seseorang memenuhi atau melampaui persyaratan pekerjaan atau standar yang disepakati.”

Definisi-definisi ini menunjukkan bahwa kinerja melibatkan perbandingan antara hasil aktual dengan standar yang ditentukan. Ini menekankan pentingnya menetapkan tujuan dan sasaran yang jelas untuk menilai kinerja secara efektif.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli

Setiap pengertian kinerja yang dikemukakan oleh para ahli memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah tinjauan kelebihan dan kekurangan dari beberapa definisi yang paling menonjol:

Geoffrey Hamel

Kelebihan:

  • Menekankan pentingnya keselarasan tujuan dan hasil.
  • Memungkinkan fleksibilitas dalam menetapkan standar kinerja.

Kekurangan:

  • Sulit untuk mengukur “apa yang diharapkan” secara objektif.
  • Dapat menimbulkan kerancuan jika standar tidak ditetapkan dengan jelas.

Gary Dessler

Kelebihan:

  • Memberikan batasan yang jelas untuk penilaian kinerja.
  • Memfokuskan pada pencapaian tujuan yang disepakati.

Kekurangan:

  • Tidak memperhitungkan variabel eksternal yang dapat mempengaruhi kinerja.
  • Dapat memprioritaskan hasil jangka pendek daripada kinerja jangka panjang.

Michael Armstrong

Kelebihan:

  • Menekankan tanggung jawab individu untuk memenuhi standar.
  • Memungkinkan pendekatan yang lebih subjektif untuk menilai kinerja.

Kekurangan:

  • Dapat menyebabkan bias dalam penilaian kinerja.
  • Sulit untuk mengukur kinerja secara konsisten dalam organisasi yang berbeda.

Tabel Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli

Ahli Pengertian Kinerja Kelebihan Kekurangan
Geoffrey Hamel Kesenjangan antara apa yang diharapkan dan apa yang dikirimkan. Menekankan keselarasan tujuan dan hasil, fleksibel dalam menetapkan standar. Sulit mengukur “apa yang diharapkan”, standar harus jelas ditetapkan.
Gary Dessler Pencapaian tingkat hasil yang telah disepakati sebelumnya. Batas penilaian jelas, fokus pada tujuan yang disepakati. Tidak memperhitungkan variabel eksternal, memprioritaskan hasil jangka pendek.
Michael Armstrong Sejauh mana seseorang memenuhi atau melampaui persyaratan pekerjaan atau standar yang disepakati. Menekankan tanggung jawab individu, pendekatan penilaian lebih subjektif. Dapat bias, sulit diukur secara konsisten dalam organisasi yang berbeda.

Pengaruh Pengertian Kinerja pada Manajemen Kinerja

Pengertian kinerja yang dianut oleh suatu organisasi berdampak signifikan pada sistem manajemen kinerja yang diterapkan. Misalnya:

  • Definisi yang berfokus pada kesenjangan kinerja (Hamel) mendorong pendekatan perbaikan berkelanjutan.
  • Definisi yang menekankan pencapaian tujuan (Dessler) mendukung penetapan sasaran dan pemantauan kemajuan secara teratur.
  • Definisi yang berpusat pada pemenuhan standar (Armstrong) memerlukan proses evaluasi kinerja yang komprehensif dan terstruktur.

Dengan demikian, memilih pengertian kinerja yang sesuai sangat penting untuk memastikan bahwa sistem manajemen kinerja selaras dengan tujuan dan strategi organisasi secara keseluruhan.

Kesimpulan

Pengertian kinerja menurut para ahli memberikan perspektif yang berbeda mengenai konsep penting ini dalam dunia bisnis dan organisasi. Dengan memahami definisi-definisi ini, organisasi dapat mengembangkan kerangka kerja manajemen kinerja yang efektif yang memotivasi karyawan, mendorong kesuksesan, dan memastikan keselarasan tujuan.

Artikel ini telah menyajikan tinjauan komprehensif tentang pengertian kinerja, membahas kelebihan dan kekurangan yang berkaitan dengan definisi yang paling banyak dikutip. Dengan mengacu pada tabel ringkasan, pembaca dapat dengan mudah membandingkan dan kontras berbagai perspektif.

Memahami pengertian kinerja sangat penting untuk membuat keputusan yang tepat mengenai sistem manajemen kinerja, penetapan tujuan, dan penilaian kinerja. Organisasi yang berhasil menyadari pentingnya kinerja dan berupaya untuk mengukurnya dan mengelolanya secara efektif untuk mencapai keunggulan kompetitif dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

FAQ

1. Apa perbedaan antara kinerja dan efektivitas?
2. Bagaimana saya mengukur kinerja karyawan secara akurat?
3. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja?
4. Bagaimana cara meningkatkan kinerja karyawan?
5. Apa saja metode penilaian kinerja yang umum digunakan?


Kata Penutup

Artikel ini telah memberikan pemahaman mendalam tentang pengertian kinerja menurut para ahli. Dengan pengetahuan ini, pembaca dapat membuat keputusan yang tepat mengenai manajemen kinerja, mengukur kinerja secara efektif, dan mendorong peningkatan berkelanjutan. Penting untuk diingat bahwa pengertian kinerja adalah konsep yang terus berkembang, dan organisasi harus secara teratur meninjau kembali definisi mereka untuk memastikan keselarasan dengan lingkungan bisnis yang terus berubah.

Kami berharap artikel ini telah membantu Anda mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang pengertian kinerja. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar, silakan hubungi kami di [email protected]

Referensi

  1. Hamel, G. (2007). Leading the revolution. Harvard Business Review, 85(10), 60-71.
  2. Dessler, G. (2012). Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga.
  3. Armstrong, M. (2010). Manajemen Kinerja: Praktik Praktis. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.