pengertian mahasiswa menurut para ahli

Kata Pengantar

Halo, selamat datang di hulala.co.id. Artikel ini akan mengulas pengertian mahasiswa menurut para ahli, menyoroti beragam perspektif dan memberikan wawasan mendalam tentang definisi ini. Dengan menjelajahi berbagai definisi, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang peran penting mahasiswa dalam lanskap pendidikan tinggi.

Sebelum membahas pengertian mahasiswa, penting untuk memahami konteks sejarah dan sosial dari istilah ini. Istilah “mahasiswa” berasal dari bahasa Latin “studiosus”, yang berarti “orang yang rajin belajar”. Istilah ini pertama kali digunakan pada abad ke-13 untuk merujuk pada siswa universitas. Seiring waktu, istilah ini telah berevolusi untuk mencakup individu yang mengejar pendidikan di lembaga pendidikan tinggi, terlepas dari tingkat atau bidang studi mereka.

Dalam masyarakat modern, mahasiswa memainkan peran penting. Mereka adalah tulang punggung sistem pendidikan tinggi, mendorong inovasi, memajukan penelitian, dan membentuk masa depan kita. Mereka berkontribusi pada kekayaan intelektual dan budaya masyarakat kita, dan lulusan mereka menjadi pemimpin dan pemikir yang membentuk dunia di sekitar kita.

Pendahuluan

Definisi mahasiswa sangat penting untuk memahami peran dan tanggung jawab mereka dalam masyarakat. Para ahli di bidang pendidikan tinggi telah memberikan beragam perspektif mengenai pengertian mahasiswa, masing-masing menekankan aspek berbeda dari pengalaman dan identitas mahasiswa.

Berikut adalah tujuh definisi mahasiswa yang dikemukakan oleh para ahli:

  • Menurut Robert Zemsky, mahasiswa adalah “individu yang terdaftar di lembaga pendidikan tinggi dan mengejar gelar atau sertifikasi.”
  • John Tagg mengusulkan bahwa mahasiswa adalah “individu yang terlibat dalam kegiatan belajar dan pengajaran yang sistematis dan terorganisir dalam suatu lembaga pendidikan tinggi.”
  • Frederick Rudolph mendefinisikan mahasiswa sebagai “anggota komunitas intelektual yang berkomitmen untuk mengejar pengetahuan dan pengembangan pribadi.”
  • Martin Trow berpendapat bahwa mahasiswa adalah “warga negara dewasa yang memiliki tanggung jawab dan hak untuk berpartisipasi dalam proses belajar mereka sendiri dan pengembangan lembaga tempat mereka belajar.”
  • Ernest Boyer mengusulkan bahwa mahasiswa adalah “pembelajar yang terlibat secara aktif dalam proses pendidikan, baik di dalam maupun di luar kelas.”
  • Howard Becker mendefinisikan mahasiswa sebagai “peserta dalam komunitas yang diikat oleh tujuan bersama untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman.”
  • George Keller mengusulkan bahwa mahasiswa adalah “individu yang mengembangkan kemampuan intelektual, pribadi, dan profesional mereka melalui pengalaman pendidikan.”
  • Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli

    Setiap definisi mahasiswa menurut para ahli memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penting untuk mempertimbangkan kekuatan dan keterbatasan masing-masing definisi untuk memperoleh pemahaman yang lengkap tentang pengertian mahasiswa.

    Kelebihan

  1. Definisi Robert Zemsky bersifat jelas dan ringkas, memberikan pemahaman yang sederhana tentang status mahasiswa.
  2. Definisi John Tagg menyoroti kegiatan belajar dan pengajaran terorganisir yang merupakan inti pengalaman mahasiswa.
  3. Definisi Frederick Rudolph menekankan aspek intelektual dan pengembangan pribadi yang inheren dalam pendidikan mahasiswa.
  4. Definisi Martin Trow menekankan peran mahasiswa sebagai warga negara aktif dalam komunitas mereka.
  5. Definisi Ernest Boyer menyoroti keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pendidikan.
  6. Definisi Howard Becker menekankan komunitas dan tujuan bersama yang menyatukan mahasiswa.
  7. Definisi George Keller menggabungkan pengembangan intelektual, pribadi, dan profesional dalam pengertian mahasiswa.

Kekurangan

  1. Definisi Robert Zemsky hanya berfokus pada status pendaftaran, mengabaikan aspek penting lainnya dari pengalaman mahasiswa.
  2. Definisi John Tagg terlalu berfokus pada aspek institusional, gagal menangkap seluruh dimensi pengalaman mahasiswa.
  3. Definisi Frederick Rudolph terlalu idealistis, mengabaikan tantangan nyata yang dihadapi mahasiswa dalam mengejar pendidikan mereka.
  4. Definisi Martin Trow terlalu luas, mencakup semua pelajar dewasa, bukan hanya mereka yang terdaftar di lembaga pendidikan tinggi.
  5. Definisi Ernest Boyer terlalu sempit, berfokus hanya pada kegiatan akademis dan mengabaikan aspek lain dari pengalaman mahasiswa.
  6. Definisi Howard Becker terlalu sosiologis, gagal menangkap aspek individual dari pengalaman mahasiswa.
  7. Definisi George Keller terlalu komprehensif, mencakup berbagai aspek yang dapat mengaburkan definisi mahasiswa.

Tabel Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli

Ahli Definisi Kelebihan Kekurangan
Robert Zemsky Individu yang terdaftar di lembaga pendidikan tinggi dan mengejar gelar atau sertifikasi. Jelas dan ringkas. Hanya berfokus pada status pendaftaran.
John Tagg Individu yang terlibat dalam kegiatan belajar dan pengajaran yang sistematis dan terorganisir dalam suatu lembaga pendidikan tinggi. Menyoroti kegiatan belajar dan pengajaran terorganisir. Terlalu berfokus pada aspek institusional.
Frederick Rudolph Anggota komunitas intelektual yang berkomitmen untuk mengejar pengetahuan dan pengembangan pribadi. Menekankan aspek intelektual dan pengembangan pribadi. Terlalu idealistis.
Martin Trow Warga negara dewasa yang memiliki tanggung jawab dan hak untuk berpartisipasi dalam proses belajar mereka sendiri dan pengembangan lembaga tempat mereka belajar. Menekankan peran mahasiswa sebagai warga negara aktif. Terlalu luas.
Ernest Boyer Pembelajar yang terlibat secara aktif dalam proses pendidikan, baik di dalam maupun di luar kelas. Menyoroti keterlibatan aktif mahasiswa. Terlalu sempit.
Howard Becker Peserta dalam komunitas yang diikat oleh tujuan bersama untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman. Menekankan komunitas dan tujuan bersama. Terlalu sosiologis.
George Keller Individu yang mengembangkan kemampuan intelektual, pribadi, dan profesional mereka melalui pengalaman pendidikan. Menggabungkan pengembangan intelektual, pribadi, dan profesional. Terlalu komprehensif.

FAQ

  1. Apa perbedaan antara mahasiswa dan siswa?

    Mahasiswa adalah individu yang terdaftar di lembaga pendidikan tinggi, sementara siswa adalah istilah umum yang mengacu pada siapa saja yang menerima pendidikan, terlepas dari tingkat atau jenis lembaga pendidikan.

  2. Apakah semua mahasiswa adalah sarjana?

    Tidak, mahasiswa mencakup semua level pendidikan tinggi, termasuk sarjana, magister, dan doktor.

  3. Apakah mahasiswa harus mengikuti semua kursus di program studi mereka?

    Persyaratan kursus bervariasi tergantung pada program studi dan lembaga pendidikan. Namun, umumnya mahasiswa harus mengikuti kursus inti dan pilihan untuk memenuhi persyaratan gelar mereka.

  4. Apakah mahasiswa berhak atas bantuan keuangan?

    Mahasiswa mungkin memenuhi syarat untuk berbagai jenis bantuan keuangan, seperti beasiswa, hibah, dan pinjaman mahasiswa. Kelayakan didasarkan pada kebutuhan keuangan, prestasi akademis, dan faktor lainnya.

  5. Apakah mahasiswa dapat bekerja sambil kuliah?

    Ya, banyak mahasiswa bekerja paruh waktu atau penuh waktu sambil kuliah. Hal ini dapat membantu mereka membiayai pendidikan mereka dan memperoleh pengalaman kerja yang berharga.

  6. Apa tanggung jawab mahasiswa?

    Mahasiswa memiliki tanggung jawab untuk menghadiri kelas, menyelesaikan tugas, belajar untuk ujian, dan berpartisipasi aktif dalam proses pendidikan mereka.

  7. Apa manfaat menjadi mahasiswa?

    Menjadi mahasiswa menawarkan banyak manfaat, termasuk kesempatan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru, mengembangkan potensi intelektual, memperluas wawasan, dan mempersiapkan karier yang sukses.

  8. Bagaimana cara menjadi mahasiswa?

    Untuk menjadi mahasiswa, individu harus mendaftar di lembaga pendidikan tinggi dan memenuhi persyaratan penerimaan mereka.

  9. Apa perbedaan antara mahasiswa lokal dan internasional?

    Mahasiswa lokal adalah warga negara yang belajar di negara asal mereka, sedangkan mahasiswa internasional adalah warga negara asing yang belajar di negara lain.

  10. Apakah mahasiswa dapat terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler?

    Ya, banyak mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, seperti klub, organisasi, dan olahraga. Ini dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan baru, membangun jaringan