pengertian penelitian menurut para ahli

Halo selamat datang di hulalar.co.id, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian penelitian menurut para ahli. Penelitian merupakan kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk memperoleh pengetahuan baru atau mengembangkan pengetahuan yang sudah ada.

Pendahuluan

Penelitian memiliki peran penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hasil penelitian dapat digunakan untuk memecahkan masalah, membuat kebijakan, atau mengembangkan produk baru. Terdapat berbagai jenis penelitian yang dapat dilakukan, tergantung pada tujuan dan metode yang digunakan.

Untuk memahami konsep penelitian secara komprehensif, penting untuk mengetahui berbagai pengertian penelitian yang dikemukakan oleh para ahli. Setiap ahli memiliki perspektif yang berbeda tentang apa itu penelitian, berdasarkan fokus dan pendekatan penelitian yang mereka gunakan.

Berikut adalah beberapa pengertian penelitian menurut para ahli:

Pengertian Penelitian Menurut Ahli

1. Menurut Sugiyono (2010)

Penelitian adalah kegiatan ilmiah yang sistematis, terorganisir, dan objektif yang dilakukan untuk memperoleh data yang valid dan reliabel untuk menguji hipotesis atau menjawab pertanyaan penelitian.

2. Menurut Kerlinger (1973)

Penelitian adalah investigasi yang sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis terhadap hipotesis yang dibuat tentang fenomena alam.

3. Menurut Borg & Gall (1989)

Penelitian adalah suatu proses sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan atau pemahaman tentang suatu topik.

4. Menurut Hopkins (1993)

Penelitian adalah suatu proses penyelidikan yang dilakukan secara sistematis dan terencana untuk memperoleh pengetahuan baru atau memahami lebih dalam suatu masalah atau fenomena.

5. Menurut Creswell (2009)

Penelitian adalah proses pengumpulan, analisis, dan penafsiran data yang sistematis dan objektif untuk meningkatkan pemahaman tentang suatu topik atau masalah.

6. Menurut MacMillan & Schumacher (2006)

Penelitian adalah suatu proses penyelidikan yang terencana dan sistematis yang dilakukan untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan atau untuk menguji hipotesis.

7. Menurut Sekaran & Bougie (2016)

Penelitian adalah suatu proses sistematis untuk melakukan penyelidikan ilmiah untuk memperoleh jawaban yang valid dan dapat diandalkan terhadap pertanyaan atau masalah penelitian.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

Setiap pengertian penelitian menurut para ahli memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari beberapa pengertian penelitian yang telah disebutkan:

Kelebihan

  • Menyediakan pemahaman yang komprehensif tentang konsep penelitian.
  • Membantu peneliti untuk memilih pendekatan penelitian yang tepat.
  • Memudahkan komunikasi antar peneliti.
  • Memberikan landasan teoretis untuk penelitian.

Kekurangan

  • Beberapa definisi terlalu teknis dan sulit dipahami.
  • Definisi yang berbeda dapat menyebabkan kebingungan dan ketidakjelasan.
  • Tidak semua definisi mencakup semua aspek penelitian.
Ahli Pengertian Penelitian Kelebihan Kekurangan
Sugiyono Kegiatan ilmiah yang sistematis, terorganisir, dan objektif untuk menguji hipotesis atau menjawab pertanyaan penelitian. Komprehensif, fokus pada metode penelitian. Terlalu teknis, tidak mencakup semua aspek penelitian.
Kerlinger Investigasi sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis terhadap hipotesis tentang fenomena alam. Fokus pada hipotesis, pendekatan ilmiah yang kuat. Terlalu sempit, tidak mencakup semua jenis penelitian.
Borg & Gall Proses sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data untuk meningkatkan pengetahuan atau pemahaman tentang suatu topik. Fokus pada pengumpulan dan analisis data, pendekatan yang luas. Tidak spesifik, tidak mencakup proses penelitian secara keseluruhan.
Hopkins Proses penyelidikan yang sistematis dan terencana untuk memperoleh pengetahuan baru atau memahami lebih dalam suatu masalah atau fenomena. Fokus pada eksplorasi dan pemahaman, pendekatan yang fleksibel. Terlalu luas, tidak mencakup aspek metodologi penelitian.
Creswell Proses pengumpulan, analisis, dan penafsiran data yang sistematis dan objektif untuk meningkatkan pemahaman tentang suatu topik atau masalah. Fokus pada proses penelitian secara keseluruhan, pendekatan yang seimbang. Terlalu umum, tidak mencakup aspek spesifik penelitian.
MacMillan & Schumacher Proses penyelidikan yang terencana dan sistematis untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan atau untuk menguji hipotesis. Fokus pada tujuan penelitian, pendekatan yang praktis. Tidak spesifik, tidak mencakup aspek metodologi penelitian.
Sekaran & Bougie Proses sistematis untuk melakukan penyelidikan ilmiah untuk memperoleh jawaban yang valid dan dapat diandalkan terhadap pertanyaan atau masalah penelitian. Fokus pada validitas dan reliabilitas hasil penelitian, pendekatan yang ketat. Terlalu sempit, tidak mencakup aspek eksplorasi dan pemahaman.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan penelitian eksploratif?

Penelitian eksploratif bertujuan untuk mengumpulkan informasi awal tentang suatu topik atau masalah untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam.

2. Apa perbedaan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif?

Penelitian kuantitatif menggunakan metode numerik untuk menguji hipotesis dan menarik kesimpulan, sedangkan penelitian kualitatif menggunakan metode non-numerik untuk mengeksplorasi dan memahami fenomena sosial.

3. Apa itu penelitian tindakan?

Penelitian tindakan adalah proses sistematis untuk memecahkan masalah dalam konteks tertentu dengan melibatkan partisipan dalam proses penelitian.

4. Apa itu metode penelitian campuran?

Metode penelitian campuran menggabungkan elemen penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang suatu topik.

5. Apa saja etika yang harus diperhatikan dalam penelitian?

Penelitian harus dilakukan secara etis, dengan memperhatikan hak dan kesejahteraan partisipan, kerahasiaan, dan integritas data.

6. Apa saja langkah-langkah umum dalam proses penelitian?

Langkah-langkah umum dalam proses penelitian meliputi identifikasi masalah, tinjauan pustaka, pengembangan hipotesis, pengumpulan data, analisis data, dan penulisan laporan.

7. Bagaimana memilih topik penelitian yang baik?

Topik penelitian yang baik adalah topik yang menarik, relevan, dapat dikelola, dan memiliki potensi untuk memberikan kontribusi signifikan pada pengetahuan.

8. Apa saja sumber pendanaan penelitian?

Sumber pendanaan penelitian meliputi pemerintah, lembaga swasta, yayasan, dan individu.

9. Apa saja tantangan yang dihadapi dalam penelitian?

Tantangan dalam penelitian meliputi keterbatasan waktu, ketersediaan sumber daya, menemukan partisipan, dan memastikan validitas dan reliabilitas data.

10. Bagaimana cara menulis proposal penelitian yang kuat?

Proposal penelitian yang kuat harus jelas, ringkas, terorganisir, dan meyakinkan, dengan menguraikan tujuan penelitian, metode, dan signifikansi yang diusulkan.

11. Apa saja keuntungan menjadi seorang peneliti?

Keuntungan menjadi seorang peneliti meliputi kesempatan untuk memberikan kontribusi pada pengetahuan, pengembangan keterampilan analitis dan pemecahan masalah, dan kepuasan intelektual.

12. Apa saja jalur karier untuk peneliti?

Jalur karier untuk peneliti meliputi akademisi, penelitian industri, penelitian pemerintah, dan konsultasi penelitian.

13. Bagaimana cara tetap mengikuti perkembangan terbaru dalam penelitian?

Cara untuk tetap mengikuti perkembangan terbaru dalam penelitian meliputi membaca jurnal, menghadiri konferensi, dan terlibat dalam komunitas penelitian.

Kesimpulan

Pengertian penelitian menurut para ahli bervariasi tergantung pada fokus dan pendekatan penelitian yang mereka gunakan. Meskipun terdapat perbedaan, semua pengertian menekankan aspek sistematis, objektif, dan ilmiah dari penelitian.

Memahami pengertian penelitian secara komprehensif sangat penting bagi peneliti untuk merancang dan melaksanakan penelitian yang efektif. Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari setiap definisi, peneliti dapat memilih pendekatan yang paling tepat untuk mencapai tujuan penelitian mereka.

Penelitian terus berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, peneliti harus selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam metodologi dan teknik penelitian untuk memastikan bahwa penelitian mereka tetap relevan dan berdampak.

Dengan melakukan penelitian yang berkualitas tinggi, kita dapat berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan, pengembangan teknologi, dan pemecahan masalah yang