pengertian sejarah menurut kbbi yaitu seperti di bawah ini kecuali

Halo Selamat Datang di hulala.co.id

Selamat datang di hulala.co.id, situs web yang menyajikan informasi lengkap dan terpercaya seputar berbagai topik menarik. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas pengertian sejarah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), khususnya pengertian yang dikecualikan dari definisi umum ”masa lalu”.

Sejarah merupakan bidang studi yang kompleks dan multifaset. Memahami pengertiannya sangat penting untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang disiplin ilmu ini dan kontribusinya terhadap masyarakat. KBBI memberikan definisi sejarah yang komprehensif, tetapi tidak mencakup semua aspeknya. Oleh karena itu, penting untuk mengeksplorasi pengecualian dalam definisi KBBI untuk melengkapi pemahaman kita.

Pendahuluan

**Pengertian Sejarah Menurut KBBI:**

Menurut KBBI, sejarah adalah:

  1. Peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau.
  2. Silsilah atau asal-usul.
  3. Kisah atau cerita tentang masa lampau.
  4. Catatan atau karya tulis tentang peristiwa dan tokoh masa lampau.

**Pengecualian dari Pengertian ”Masa Lalu”**

Definisi sejarah menurut KBBI mencakup aspek masa lalu, tetapi tidak secara eksplisit menyatakan bahwa sejarah hanya terbatas pada masa lalu. Ini menyiratkan bahwa sejarah dapat mencakup aspek-aspek lain di luar periode waktu yang telah berlalu.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Sejarah Menurut KBBI

**Kelebihan:**

  1. Komprehensif: Definisi KBBI mencakup berbagai aspek sejarah, termasuk peristiwa, asal-usul, narasi, dan catatan.
  2. Mudah Dipahami: Definisi yang jelas dan ringkas, mudah diakses oleh khalayak umum.
  3. Praktis: Definisi ini dapat diterapkan dalam berbagai konteks, termasuk akademis, profesional, dan pribadi.

**Kekurangan:**

  1. Tidak Eksplisit tentang Masa Kini dan Masa Depan: Definisi ini tidak secara khusus menyatakan bahwa sejarah dapat mencakup masa kini dan masa depan.
  2. Tidak Meliputi Historiografi: Definisi ini tidak menyebutkan proses dan metodologi yang terlibat dalam penulisan dan interpretasi sejarah.
  3. Tidak Membahas Dimensi Sosial: Definisi ini tidak menekankan peran masyarakat dan faktor-faktor sosial dalam membentuk sejarah.

Aspek Sejarah yang Dikecualikan dari Definisi ”Masa Lalu”

Meskipun KBBI tidak secara eksplisit mengecualikan aspek-aspek tertentu dari sejarah, ada beberapa aspek yang tidak tercakup dalam definisi ”masa lalu”. Aspek-aspek ini meliputi:

  1. Masa Kini dan Masa Depan: Sejarah tidak hanya terbatas pada masa lalu, tetapi juga mencakup peristiwa dan tren kontemporer serta proyeksi masa depan.
  2. Historiografi: Sejarah melibatkan studi dan interpretasi peristiwa masa lalu, dan historiografi mengacu pada proses ini.
  3. Dimensi Sosial: Sejarah tidak hanya tentang individu atau peristiwa yang terisolasi, tetapi juga tentang interaksi sosial dan kekuatan kolektif yang membentuk masyarakat.
Pengertian Sejarah Menurut KBBI, Kecuali ”Masa Lalu”
Pengertian Penjelasan
1. Peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau Mencakup kejadian dan peristiwa spesifik yang telah terjadi di masa lalu.
2. Silsilah atau asal-usul Menjelaskan asal-usul dan evolusi individu, kelompok, atau institusi.
3. Kisah atau cerita tentang masa lampau Mencakup narasi dan cerita tentang peristiwa dan tokoh masa lalu.
4. Catatan atau karya tulis tentang peristiwa dan tokoh masa lampau Mencakup dokumen tertulis, artefak, dan sumber lain yang merekam masa lalu.
5. Masa Kini dan Masa Depan Tidak disebutkan secara eksplisit, tetapi sejarah dapat mencakup aspek-aspek masa kini dan masa depan.
6. Historiografi Tidak disebutkan secara eksplisit, tetapi sejarah melibatkan studi dan interpretasi peristiwa masa lalu.
7. Dimensi Sosial Tidak disebutkan secara eksplisit, tetapi sejarah membahas peran masyarakat dan kekuatan kolektif dalam membentuk peristiwa.

FAQ

  1. Apa saja jenis-jenis sejarah?
  2. Bagaimana sejarah dapat digunakan untuk memahami masa kini dan masa depan?
  3. Siapa saja sejarawan terkenal dan apa kontribusi mereka?
  4. Bagaimana cara belajar sejarah secara efektif?
  5. Mengapa sejarah penting untuk masyarakat?
  6. Apakah sejarah merupakan ilmu atau seni?
  7. Bagaimana peran teknologi dalam studi sejarah?
  8. Apa perbedaan antara sejarah dan arkeologi?
  9. Apa saja sumber sejarah yang paling penting?
  10. Bagaimana sejarah dapat membantu kita belajar dari kesalahan masa lalu?
  11. Bagaimana sejarah dapat menginspirasi perubahan sosial?
  12. Apa saja tantangan dalam mempelajari sejarah?
  13. Bagaimana sejarah digunakan dalam pendidikan?

Kesimpulan

Pengertian sejarah menurut KBBI memberikan dasar yang kuat untuk memahami disiplin ilmu ini, tetapi tidak menangkap semua aspeknya. Dengan mempertimbangkan aspek-aspek yang dikecualikan, seperti masa kini, masa depan, historiografi, dan dimensi sosial, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang ruang lingkup sejarah.

Sejarah bukan hanya tentang mempelajari masa lalu, tetapi juga tentang memahami masa sekarang dan menginformasikan masa depan kita. Ini adalah bidang studi yang kaya dan dinamis yang berdampak signifikan pada masyarakat. Dengan memahami pengertian sejarah secara lebih mendalam, kita dapat lebih menghargai kontribusinya terhadap pengetahuan dan kemajuan kita sebagai sebuah masyarakat.

Kami harap artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat tentang pengertian sejarah menurut KBBI dan aspek-aspek yang dikecualikan dari definisinya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web kami atau hubungi tim ahli kami yang berdedikasi.

Penutup

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Kami berharap informasi yang disediakan telah memberikan wawasan yang berharga tentang pengertian sejarah dan kepentingannya dalam kehidupan kita. Di hulala.co.id, kami berkomitmen untuk menyajikan informasi yang akurat dan tepercaya tentang berbagai topik. Kunjungi kami secara teratur untuk pembaruan dan artikel terbaru.