selasa dan minggu menikah menurut islam

Kata Sambutan

Halo selamat datang di hulala.co.id. Apakah Anda berencana menikah dan sedang mempertimbangkan waktu yang tepat sesuai ajaran Islam? Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang dua hari yang dianjurkan untuk menikah, yaitu Selasa dan Minggu, berdasarkan perspektif ajaran Islam.

Pendahuluan

Menikah merupakan sunnah yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang mampu menikah, maka menikahlah. Karena pernikahan itu dapat menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan.” (HR. Ibnu Majah). Bagi umat Muslim, memilih waktu pernikahan yang tepat sangat penting karena dianggap membawa keberkahan dan kebahagiaan dalam rumah tangga.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda, “Hari terbaik untuk menikah adalah hari Senin dan Kamis.” Sementara itu, hadits lain yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah menyebutkan, “Lakukanlah akad nikah pada hari Ahad dan selenggarakanlah walimah pada hari Selasa.” (HR. Tirmidzi).

Dari hadits-hadits tersebut, dapat disimpulkan bahwa hari Senin, Kamis, Ahad, dan Selasa merupakan waktu yang dianjurkan untuk melangsungkan pernikahan. Namun, dua hari yang paling banyak disebutkan dan diyakini membawa berkah adalah Selasa dan Minggu.

Kelebihan Menikah pada Hari Selasa

Menikah pada hari Selasa memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

1. Hari Pernikahan Rasulullah SAW

Menikah pada hari Selasa merupakan hari pernikahan Rasulullah SAW dengan Aisyah RA. Sebagian ulama berpendapat bahwa hal ini menjadi salah satu alasan mengapa hari Selasa dianggap membawa berkah.

2. Hari yang Diberkahi

Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah menyebutkan bahwa Rasulullah SAW menganjurkan umat Muslim untuk menikah pada hari Ahad dan mengadakan walimah pada hari Selasa. Hal ini menunjukkan bahwa hari Selasa dianggap sebagai hari yang diberkahi.

3. Waktu yang Tepat untuk Berkumpul

Hari Selasa berada di tengah minggu, sehingga menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat. Hal ini mempermudah pengaturan acara pernikahan dan mempererat tali silaturahmi.

Kekurangan Menikah pada Hari Selasa

Meski memiliki beberapa kelebihan, menikah pada hari Selasa juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

1. Hari yang Sibuk

Hari Selasa merupakan hari yang cukup sibuk bagi sebagian orang. Hal ini dapat menyulitkan persiapan pernikahan atau mengganggu aktivitas sehari-hari tamu undangan.

2. Harga Vendor Lebih Mahal

Karena banyaknya permintaan pada hari Selasa, harga vendor pernikahan seperti katering, dekorasi, dan fotografer cenderung lebih mahal dibandingkan hari-hari lainnya.

3. Persaingan Tempat Pernikahan

Menikah pada hari Selasa berarti harus bersaing dengan pasangan lain untuk mendapatkan tempat pernikahan yang bagus. Hal ini dapat membuat calon pengantin kesulitan menemukan lokasi yang sesuai.

Kelebihan Menikah pada Hari Minggu

Menikah pada hari Minggu juga memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

1. Hari yang Berkesan

Hari Minggu merupakan hari libur, sehingga calon pengantin dan tamu undangan memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri dan menikmati acara pernikahan.

2. Harga Vendor Lebih Terjangkau

Karena lebih sedikit permintaan pada hari Minggu, harga vendor pernikahan cenderung lebih terjangkau dibandingkan hari-hari lainnya.

3. Waktu yang Tepat untuk Berlibur

Setelah menikah pada hari Minggu, calon pengantin dapat langsung berlibur tanpa perlu mengambil cuti tambahan. Hal ini menjadi kesempatan yang baik untuk memulai rumah tangga baru dengan penuh kebahagiaan.

Kekurangan Menikah pada Hari Minggu

Meski memiliki beberapa kelebihan, menikah pada hari Minggu juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

1. Ketersediaan Tempat Terbatas

Karena merupakan hari libur, tempat pernikahan pada hari Minggu seringkali sudah dipesan jauh-jauh hari. Hal ini dapat menyulitkan calon pengantin untuk mendapatkan lokasi yang sesuai.

2. Lebih Banyak Aktivitas

Pada hari Minggu, sebagian orang memiliki banyak aktivitas seperti jalan-jalan atau berkunjung ke sanak saudara. Hal ini dapat mengurangi jumlah tamu yang hadir di acara pernikahan.

3. Lebih Banyak Godaan

Hari Minggu merupakan hari yang cenderung santai dan banyak godaan. Hal ini dapat membuat calon pengantin dan tamu undangan merasa lelah atau kurang fokus selama acara pernikahan.

Tabel Perbandingan Selasa dan Minggu

Selasa Minggu
Kelebihan
  • Hari pernikahan Rasulullah SAW
  • Hari yang diberkahi
  • Waktu yang tepat untuk berkumpul
  • Hari yang berkesan
  • Harga vendor lebih terjangkau
  • Waktu yang tepat untuk berlibur
Kekurangan
  • Hari yang sibuk
  • Harga vendor lebih mahal
  • Persaingan tempat pernikahan
  • Ketersediaan tempat terbatas
  • Lebih banyak aktivitas
  • Lebih banyak godaan

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait selasa dan minggu menikah menurut islam:

1. Apakah diperbolehkan menikah pada hari Senin atau Kamis selain hari Selasa dan Minggu?

Ya, diperbolehkan. Hadits-hadits yang menyebutkan tentang hari terbaik menikah juga menyebutkan hari Senin dan Kamis.

2. Apakah ada hari yang dilarang untuk menikah dalam Islam?

Tidak ada hari yang dilarang untuk menikah dalam Islam. Namun, dianjurkan untuk menghindari menikah pada hari Jumat karena dianggap sebagai hari yang penuh kesibukan.

3. Bolehkah menikah pada hari raya atau bulan puasa?

Menikah pada hari raya Idul Fitri atau Idul Adha hukumnya makruh. Sementara itu, menikah pada bulan puasa hukumnya boleh, tetapi tidak dianjurkan.

4. Apa yang dimaksud dengan walimah?

Walimah adalah acara resepsi atau pesta pernikahan yang dilaksanakan setelah akad nikah.

5. Apakah ada doa khusus yang dibacakan saat menikah pada hari Selasa atau Minggu?

Tidak ada doa khusus yang disebutkan dalam hadits terkait menikah pada hari Selasa atau Minggu. Namun, dianjurkan untuk membaca doa-doa umum yang memohon keberkahan dan kebahagiaan dalam pernikahan.

6. Apakah hari pernikahan mempengaruhi rezeki atau nasib rumah tangga?

Dalam ajaran Islam, waktu pernikahan tidak berpengaruh terhadap rezeki atau nasib rumah tangga. Rezeki dan nasib ditentukan oleh Allah SWT berdasarkan takdir dan usaha manusia.

7. Mana yang lebih baik, menikah pada hari Selasa atau Minggu?

Pemilihan hari pernikahan antara Selasa dan Minggu tergantung pada preferensi masing-masing pasangan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

8. Apakah sunnah menikah pada hari Selasa atau tidak?

Menikah pada hari Selasa merupakan salah satu hari yang dianjurkan dalam hadits, sehingga dapat dikatakan sebagai sunnah.

9. Apakah ada bacaan khusus ketika akad nikah pada hari Selasa?

Tidak ada bacaan khusus saat akad nikah pada hari Selasa. Yang terpenting adalah membaca niat akad nikah sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW.

10. Apakah menikah hari Rabu diperbolehkan dalam Islam?

Menikah hari Rabu diperbolehkan dalam Islam dan tidak ada larangan khusus terkait hal itu.

11. Apakah menikah pada tanggal merah atau hari libur lainnya hukumnya sama dengan menikah pada hari biasa?

Hukum menikah pada tanggal merah atau hari libur sama dengan hukum menikah pada hari biasa, yaitu sunnah dan diperbolehkan.

12. Apakah diperbolehkan menikah pada hari Sabtu dalam Islam?

Menikah pada hari Sabtu diperbolehkan dalam Islam, namun tidak termasuk dalam hari yang dianjurkan untuk menikah.

13. Apa hikmah memilih hari Selasa atau Minggu untuk menikah dalam Islam?

Hikmah memilih hari Selasa atau Minggu untuk menikah antara lain untuk meneladani Rasulullah SAW, mendapatkan berkah, mempermudah berkumpul dengan keluarga, dan mempererat silaturahmi.

Kesimpulan

Memilih waktu yang tepat untuk menikah merupakan salah satu keputusan penting dalam kehidupan berumah tangga. Bagi umat Muslim, hari Selasa dan Minggu merupakan dua hari yang dianjurkan untuk menikah berdasarkan perspektif ajaran Islam. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan dengan matang.

Jika Anda ber